HEATER KULKAS

Heater (pemanas) yang terdapat di dalam kulkas berfungsi mencairkan bunga es yang terdapat di evaporator. Selain itu heater dapat mencegah terjadinya penimbunan bunga es pada bagian rak es dan rak penyimpan buah di bawah rak es.
How It Works






Defrost heater bekerja secara bergantian dengan kompresor yang diatur oleh timer. Langkah-langkah cara kerja heater adalah sebagai berikut:
1. Saat kompresor bekerja mendinginkan ruangan dalam kulkas akan menimbulkan bunga-bunga es di dekat evaporator.
2. Ketika temperatur sudah terlalu dingin sehingga membuat bunga-bunga es menumpuk, timer akan memutuskan arus listrik pada kompresor.
3. Jika arus listrik pada kompresor diputus, maka arus listrik tersebut akan dialirkan ke dalam heater.
4. Setelah mendapatkan arus listrik maka elemen-elemen pemanas pada heater akan menaikkan temperatur di sekitar evaporator.
5. Heater akan bekerja hingga termostat di dalam kulkas mencapai temperatur tertentu.
6. Setelah termostat mencapai temperatur tertentu, timer akan memutus arus ke dalam heater dan mengalirkannya kembali ke dalam kompresor sehingga siklus kembali terjadi.
Troubleshooting
Heater ini biasanya mempunyai tiga tipe utama, yaitu: metal rod terbuka, metal rod dilapisi aluminum, dan lilitan kabel di dalam tabung gelas. Namun dari masing-masing tipe ini bisa dites dengan cara yang sama.
Panduan untuk menguji heater pada kulkas, Anda harus konsultasikan terlebih dahulu dengan teknisi perbaikan alat jika Anda tidak merasa Anda memiliki keterampilan atau kemampuan untuk menyelesaikan perbaikan ini.
1. Lepaslah power supply kulkas Anda kemudian cari heater dalam kulkas Anda. Biasanya heater ini terletak di belakang panel belakang bagian freezer kulkas Anda atau di bawah freezer kulkas Anda, di bagian bawah kumparan evaporator lemari es.
2. Setelah heater ditemukan, Anda masih harus melepas komponen-komponen kulkas yang lain seperti: freezer, rak freezer, bagian icemaker, punggung kulkas atau panel bawah. Anda juga harus melepas sekrup-sekrupnya.
3. Lalu langkah yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah melepas heater tersebut dari kulkas. Heater ini terhubung dengan konektor slip-on. Anda harus memakai tang berujung kecil untuk melepasnya.
4. Setelah terlepas cara untuk menguji heater tersebut adalah dengan memakai multi-tester. Caranya dengan mengatur multi-tester ke skala R x 1. Tempatkan ujung kabel tembaga multi-tester ke masing-masing terminal. Jika multi-tester menampilkan suatu angka tertentu itu artinya heater anda masih bisa bekerja. Namun jika multi-tester menunjukkan angka nol atau tak terhingga itu artinya heater Anda sudah tidak bisa bekerja lagi.
Tidak di anjurkan buat pengguna / pemakai kulkas untuk menangani hal ini, Call Teknisi.





Tidak ada komentar: